Monday 29 June 2009

IKATAN LOGAM

Beberapa sifat logam antara lain:

- berwujud padat pada suhu kamar kecuali Hg

- penghantar panas atau listrik yang baik

- memiliki maleability dan ductility

- mengkilap

Sifat logam tersebut muncul karena atom-atom logam bergabung satu sama lain membentuk ikatan logam. Teori paling sederhana tentang ikatan logam adalah teori ”elektron sea”.

Logam tersusun dari atom-atom logam yang berkumpul sangat rapat satu sama lain. Atom unsur logam memiliki keelektronegatifan yang rendah dan energi ionisasi yang kecil. Hal ini menyebabkan elektronvalensi dari tiap atom mudah lepas dan bergerak bebas di antara kumpulan atom-atom logam tersebut. Atom-atom logam yang kehilangan elektron terluarnya berubah menjadi ion positif. Karena ion-ion positif berada ditengah lautan elektron-elektron yang bergerak bebas, maka terjadi interaksi tarik menarik antara ion positif dengan elektron-elektron yang bergerak bebas di antara kumpulan ion-ion logam. Interaksi tarik menarik antara ion logam dengan lautan elektron inilah yang disebut dengan ikatan logam. Ikatan logam lumayan kuat, sehingga membutuhkan energi yang besar untuk memutus ikatan. Pada umumnya logam memiliki titik leleh yang tinggi.

Jika pada salah satu sisi logam diberi tekanan maka akan terjadi pergeseran kedudukan lapisan-lapisan atom. Akan tetapi pergeseran tersebut tidak mengakibatkan terbelahnya tumpukan atom pada logam. Hal ini disebabkan karena tiap tumpukan lapisan atom diikat satu sama lain oleh lautan elektron. Sehingga kemanapun tumpukan lapisan atom digeser, mereka tetap diikat oleh lautan elektron. Sifat inilah yang menyebabkan logam dapat dibentuk dan ditempa.

No comments:

Post a Comment